Thursday, March 6, 2008

Keutamaan Laa ilaha ilalloh 1

Oleh : Abu Yusuf As Salafy

La ilaha illallah adalah kalimat yang sangat agung, yang karenanya Allah subhanahu wata'ala menciptakan alam dan seisinya. Tidaklah Allah subhanahu wata'ala menciptakan jin dan manusia hanya karena sebuah permainan belaka, akan tetapi Allah subhanahu wata'ala menciptakan mereka, agar mereka memurnikan tauhid la ilaha illallah. Allah berfirman :

Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu hanya sebuah permainan belaka, dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? Maka Maha Tinggi Allah,Raja yang sebenarnya; tidak ada Tuhan yang haq selain Dia, Tuhan (yang mempunyai) 'Arsy yang mulia. (QS. Al Mukminum 115-116)

Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada Ku. (QS. Adz Dzariyat 56)

Dan tidaklah Allah menurunkan kitab dan mengutus para rasul melainkan hanya karena tauhid La ilaha illallah. Allah berfirman :

Dan Kami tidak mengutus seorang rasulpun sebelum kamu melainkan Kami wahyukan kepadanya: "Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, Maka beribadahlah kamu sekalian kepadaKu ". (QS. Al Anbiya’ 25)

Allah subhanahu wata'ala menciptakan surga sebagai tempat kembali orang-orang yang bertauhid La ilaha illallah. Dan Allah menciptakan neraka sebagai tempat kembali para penentang La ilaha illallah. Allah berfirman :

Maka Sesungguhnya mereka pada hari itu bersama-sama dalam azab. Sesungguhnya Demikianlah kami berbuat terhadap orang-orang yang berbuat jahat. Sesungguhnya mereka dahulu apabila dikatakan kepada mereka: "Laa ilaaha illallah" (Tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah) mereka menyombongkan diri. (QS. Ash Shoffat 33-35)

Rasulullah sholallohu'alaihi wassalam tidak diperintahkan berperang kecuali untuk mengibarkan bendera La ilaha illallah.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : أمرت أن أقاتل الناس حتى يقولوا لا إله إلا الله
Rasulullah sholallohu'alaihi wassalam bersabda : “Saya diperintahkan untuk memerangi manusia sehingga mereka mengucapkan la ilaha illallah." (HR.Muslim : 124)

Bahkan tidak akan terjadi hari kiamat, selama masih disebut la ilaha illallah di muka bumi. Namun apabila sudah tidak lagi disebut la ilaha illallah di muka bumi, maka akan terjadi hari kiamat. Allah menciptakan dunia karena lailaha illallah, jadi apabila sudah tidak ada lagi la ilaha illallah dunia akan hancur dan pada hari itu akan terjadi kiamat.

عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لا تقوم الساعة على أحد يقول : لا إله إلا الله
Dari Anas bin Malik rodhiyallohu 'anhu ia berkata : Rasulullah sholallohu'alaihi wassalam bersabda : “Tidak akan terjadi kiamat (apabila) masih ada orang yang menyebut la ilaha illallah.(HR. Ibnu Hibban, lihat Ta’liqotul Hisan : 6809, Ash Shohihah : 3016)

KEUTAMAAN LA ILAHA ILLALLAH

Allah berfirman :

Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya menjulang ke langit. (QS. Ibrohim : 24)
Ibnu Abbas rodhiyallohu 'anhu berkata : (perumpamaan kalimat yang baik) adalah bersaksi la ilaha illallah. (Tafsir Al Qur’anul Adhim 2/485)

Dari Baro’ bin ‘Azib rodhiyallohu 'anhu ia berkata : Rasulullah sholallohu 'alaihi wasallam bersabda : “Seorang muslim apabila ditanya didalam kubur, kemudian dia bersaksi sesungguhnya tiada tuhan yang haq selain Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, itulah makna firman Allah : (Allah meneguhkan orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh dalam kehidupan di dunia dan di akhirat) (QS. Ibrohim : 27)(HR. Bukhori 5/4699)

Allah berfirman :

Adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa. Dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (syurga). Maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah. (QS.Al Lail : 5-7)
Abu Abdirrahman As Sulami dan Adh Dhohhak berkata : wa soddaqo bi husna maknanya membenarkan la ilaha illallah. (Tafsir Al Qur’anul Adhim 4/471 )

عن أبي هريرة رضي االله عنه قال : قلت : يا رسول الله من أسعد الناس بشفاعتك يوم القيامة؟ قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لقد ظننت يا أبا هريرة أن لا يسألني عن هذا الحديث أحد أول منك لما رأيت من حرصك على الحديث , أسعد الناس بشفاعتي يوم القيامة من قال : لا إله إلا الله خالصا من قلبه أو من نفسه

Dari Abu Huroiroh rodhiyallohu 'anhu ia berkata : Saya bertanya : Wahai Rasulullah siapakah orang yang paling berbahagia dengan syafaatmu pada hari kiamat? Rasulullah sholallohu 'alaihi wasallam bersabda : “Sungguh aku mengira tidak ada seorangpun yang bertanya tentang hadits ini sebelum kamu, karena aku melihat kesungguhanmu dalam mempelajari hadits. Manusia yang paling berbahagia dengan syafaatku pada hari kiamat adalah orang yang mengucapkan la ilaha illallah dengan ikhlas dari hatinya atau dari jiwanya. ( HR. Bukhori 1/99 )

عن عمر رضي الله عنه قال : سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : إني لأعلم كلمة لا يقولها عبد حقا من قلبه فيموت على ذلك إلا حرم على النار : لا إله إلا الله

Dari Umar rodhiyallohu 'anhu ia berkata : saya mendengar Rasulullah sholallohu 'alaihi wasallam bersabda : “Sungguh aku akan mengajarkan sebuah kalimat, tidaklah seorang hamba mengucapkannya dengan benar dari hatinya, lalu ia mati diatas keyakinan itu, kecuali (Allah) mengharamkan tubuhnya dari api neraka. Yaitu kalimat la ilaha illallah. (HR. Hakim, lihat Shohih Targhib wa Tarhib : 1528 )

عن جابر رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : أفضل الذكر لا إله إلا الله و أفضل الدعاء الحمد لله

Dari Jabir rodhiyallohu 'anhu , dari Nabi sholallohu 'alaihi wasallam beliau bersabda : “Dzikir yang paling utama adalah la ilaha illallah, dan doa yang paling utama adalah alhamdulillah."(HR. Ibnu Majah, An Nasa’I, lihat Shohih Targhib wa Tarhib : 1526 )

عن معاذ بن جبل رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : من كان آخر كلامه لا إله إلا الله دخل الجنة

Dari Mu’adz bin Jabal rodhiyallohu 'anhu dari Nabi sholallohu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "barangsiapa diakhir hayatnya mengucapkan la ilaha illallah, maka dia pasti masuk syurga." (HR. Abu Dawud, lihat Shohihul Jami’ : 6479 )

عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : قال موسى : يا رب علمني شيئا أذكرك و أدعوك به , قال : قل يا موسى لا إله إلا ألله , قال : كل عبادك يقولون هذا , قال : يا موسى لو أن السماوات السبع و عامرهن غيري و الأرضين السبع في كفة ولا إله إلا الله في كفة مالت بهن لا إله إلا الله

Dari Abu Sa’id Al Khudri rodhiyallohu 'anhu dari Nabi sholallohu 'alaihi wasallam beliau bersabda : Musa berkata : Wahai Tuhanku ajarkanlah kepadaku sesuatu, yang aku akan berdzikir dan berdoa kepadaMu dengannya. Allah berfirman : Wahai Musa ucapkanlah La ilaha illallah. Musa berkata : Wahai Tuhanku seluruh hambaMu mengucapkan kalimat ini. Allah berfirman : Wahai Musa ! Seandainya langit tingkat tujuh dan apa yang ada didalamnya serta bumi tingkat tujuh selain Aku diletakkan di suatu timbangan, dan la ilaha illallah diletakkan di timbangan yang lain, maka akan berat timbangan la ilaha illallah." (HR. Ibnu Hibban, Hakim, dishohihkan Al Hafidz Ibnu Hajar dalam Fathul Bari : 11/28 )
bersambung .........

No comments: